BMKG Terbitkan Peta Bahaya Gempa Cianjur Dipicu Patahan Cugenang ANTARA

BMKG Terbitkan Peta Bahaya Gempa Cianjur Dipicu Patahan Cugenang  ANTARA

BMKG merekomendasikan, jika kawasan terlarang akan dibersihkan dari bangunan, ruang terbuka hijau, monumen, atau kawasan lindung harus diprioritaskan.

Jakarta (Antara) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peta rawan gempa Chanjur di Jawa Barat akibat Sesar Kujinang.

Berdasarkan keterangan resmi BMKG di Jakarta, Senin, peta tersebut terbagi menjadi tiga zona kerawanan getaran tanah, yakni zona eksklusi (merah), zona eksklusi (oranye), dan zona bersyarat (kuning).

Luas zona eksklusi 2,63 kilometer persegi, meliputi empat kecamatan dan 12 desa yang terbentang dari Distrik Chilaku, terutama Desa Rankagun, Distrik Chianjur, sebagian Desa Nagrak, Distrik Kugenang, sebagian Desa Chibulakan, Benjot; , Sarampad dan Gasol dan sebagian desa Mangunkarta, Sijedil, Nyalindung dan Sibereum, kecamatan Pachet, Chiputri dan Chiherang.

Zona terbatas memiliki kriteria zonal dengan batas aktif sesar Kugenang 0–10 m ke kanan dan kiri tegak lurus terhadap sambaran sesar, merupakan daerah yang sangat rawan akibat getaran deformasi dan gempa bumi dan/atau sangat sensitif. Titik. dalam pergerakan bumi (longsor).

BMKG mengusulkan untuk menghapus zona eksklusi bangunan yang ada sebagai bagian dari rencana pemukiman kembali daripada pembangunan kembali dan pembangunan baru untuk memprioritaskan penggunaan ruang terbuka hijau (RTH), monumen atau kawasan lindung.

Zona eksklusi memiliki batas sesar aktif Kugenang dari 10 m sampai 1 km ke kanan dan kiri, tegak lurus terhadap sambaran sesar, merupakan zona kerawanan tinggi akibat deformasi dan goncangan seismik, dan/atau merupakan zona kerawanan sedang . tanah longsor.

Untuk pembangunan kawasan ini, diusulkan untuk mempertahankan persyaratan ketat bangunan tahan gempa, serta melarang fasilitas energi dari fasilitas yang sangat penting dan berisiko tinggi, seperti rumah sakit dan sekolah menengah. (menghaluskan tumbuhan). dan mata pelajaran sejenis.

Area kondisional berisi parameter dengan batas sesar aktif Kugenang lebih dari 1 km ke kanan dan kiri, tegak lurus dengan strike sesar, dan mewakili area kerentanan sedang hingga rendah.

Rekomendasi BMKG meliputi bangunan tahan gempa dan/atau tanah.

Peta Bahaya Seismik Chanjur oleh Gabi Kugenang dari BMKG dapat digunakan dalam upaya rekonstruksi dan rehabilitasi Distrik Chanjur dan sebagai acuan perbaikan tata ruang Kabupaten Kugenang untuk mencegah kerusakan bangunan dan lingkungan. atau korban.
BMKG menerbitkan peta risiko gempa Chanjur akibat Kugenang. Masalah dari PMI adalah membangun 60 tenda untuk dijadikan ruang kelas di Chianjur.
BMKG rilis peta rawan gempa Chianjur akibat sesar Kugenang ANTARA BMKG. Tujuh patahan aktif ditemukan di sekitar Chianjur
BMKG menerbitkan peta risiko gempa Chianjur yang dipicu oleh Sesar Kugenang

Reporter: Andy Ferdows
Editor: Mohamed Youssef
Hak Cipta © 2023 Bean

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Gizi Nasional, Mari Cegah Stunting Dengan Saran Pola Makan ... Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

PSM Makassar Tanpa YuranAgung Lawan PSS Sleman: Harus Optimis! Detikcom

Intip Gaya Luna Maya Di Korea, Harga Outfitnya Ternyata Capai Ratusan Juta